advertisement


Koil, merupakan sebuah grup band yang beraliran rock. Band tersebut terbentuk di Badung, pada tahun 1993. Dan pada awal terbentuknya mereka hanya 4 orang, yang bernama J.A. Verdiantoro (Vokal), Donijantoro (Gitar), Ibrahim Nasution (Gitar/Bass), Leon Ray Legoh (Drum).

Pada awal karirnya mereka memutuskan dengan idealis mereka yang ingin membawakan lagu sendiri dalam awal karirnya tampil dari panggung ke panggung pada saat itu. Dengan idealis yang berbeda dari band yang sering membawakan lagu sendiri, karena pada saat itu, band-band pada jaman tersebut lebih sering membawakan beberapa lagu yang sudah terkenal.

Dan karirnya di dunia hiburan Indonesia, di awali dengan merilis sebuah demo album mini yang bertajuk From Nowhere, yang rilis di tahun 1994. Di tahun 1996, mereka merilis sebuah album dan dalam album tersebut banyak lagu yang kembali di rilis ulang yang di ambil dari demo mini album mereka yang berjudul From Nowhere. Kemudian, di tahun 1997, band tersebut keluar dengan Project Q, dan kemudian mereka berkarir di dunia musik Indonesia dengan cara mereka sendiri. Tak lama setelah mereka keluar dari Project tersebut, mereka langsung merilis sebuah single, yang berjudul Kesepian Ini Abadi dengan label indie yang di dirikan oleh Otong dan Adam Vladvamp yang bernama Apocalypse. Dalam setiap penampilannya mereka memiliki ciri khasnya, dengan menggunakan pakaian kulit Costumized, dominasi warna hitam, aksesoris metal, sepatu bot tinggi dan yang lain identik dengan industri gothic.

Lalu, Koil kemudian ikut serta dalam pembuatan beberapa album kompilasi bersama dengan band-band yang berasal dari Bandung, seperti Puppen, Burgerkill dan Jasad. Dan mereka ikut serta dalam pembuatan album kompilasi yang berjudul Indonesia Best Alternative, Ticket to Ride dan Viking - kompilasi Persib. Di tahun 2001, dengan usaha dan kerja keras mereka, akhirnya terciptalah album ke-2nya yang berjudul Megaloblast.

Di tahun 2003, Koil mendapat tawaran untuk bergabung dan merilis kembali album nasional mereka di Alfa Record. Lalu mereka merilis ulang lagu-lagu mereka terdahulu dan membuat beberapa video klip dari lagu mereka yang telah di rilis ulang, seperti Kita dapat Diselamatkan dan Dosa INI Tak Akan Berhenti. Kemudian, di tahun 2005, mereka kembali berkarya di dunia musik Indonesia, dengan merilis 2 single mereka dengan judul Hiburan Ringan Part I dan Hiburan Ringan Part II, dan ke-2 singlenya tersebut menjadi soundtrack sebuah film horor yang berjudul 12:00 AM. Mereka mempromosikan singlenya tersebut dengan tampil di beberapa acara televisi Indonesia.

Selang setahun bergabung bersama Alfa Record, kemudian mereka merilis album ke-3nya yang berjudul Blacklight Bersinar Aktif. Dan mereka membagikan beberapa kopi album gratis kepada para penggemarnya dan di download dengan bebeas di Internet. Selain itu, lagu yang terdapat dalam album ini , menjadi soundtrack beberapa film horor Indonesia.

Pada tahun 2009, gitaris Ibrahim Nasution keluar dari band ini. Selang setahun kepergian personilnya tersebut, mereka merilis album dengan label besar Nagaswara dengan judul The Blacklight.

Anggota
Formasi saat ini
- J. A. Verdijantoro a.k.a Otong ? Vokal (1993-sekarang)
- Donnijantoro ? Gitar, Backing Vokal (1993-sekarang)
- Leon Ray Legoh ? Drum (1993-sekarang)
- Adam Vladvamp ? Bass, Backing Vokal, Synthesizer (2007-sekarang)
Mantan anggota
- Ibrahim Nasution ? Gitar, Bass (1993-2007)
Diskografi
Album Studio
- Koil (1996)
- Megaloblast (2001)
- Blacklight Shines On (2007)
Album Mini
- Demo From Nowhere (1994)
- Caligula (2001)
Single
- "Dengekeun Aing", From "Indonesia Best Alternative" compilation (1997)
- "Kesepian Ini Abadi" (1999)
- "Dosa", From "Ticket To Ride" compilation (2000)
- "Untuk Kemenangan Kami", From "Viking - Persib" compilation (2002)
- "Hiburan Ringan Part I" dan "Hiburan Ringan Part II", From "12:00 AM" movie soundtrack (2005)
- "Breath With Me", From Compilation: Rolling Stone Rare & Raw (2006)
- "Kenyataan Dalam Dunia Fantasi", The Best Of Republik Cinta Compilation Album feat Ahmad Dani (2008)
- "Suaramu Merdu" (2008)
- "Likantropi Diri", "Takut" Movie Soundtrack feat Shanty (2008)
- "Aku Rindu" (2010)

advertisement
Komentar terkait selebriti Koil
Seru? Serem? Lucu? Kita pengen tahu pendapat kamu tentang selebriti Koil!
Silahkan login untuk memberi komentar

loading...
Acara Hari Ini More